home

  • selamat datang di blog saya
  • dan tolong tinggalkan komentar anda. terima kasih

Jumat, 18 Maret 2011

genghis khan

Lahir sekitar 1165 dan pertama kali dikenal sebagai Temujin, Genghis adalah anak dari kepala dari Mongol Yakka. Ketika ia berusia 10, ayahnya diracuni dan ia menjadi kepala. Namun, suku meninggalkan dia, dan ia terpaksa hidup sendiri, dan bertahan hidup dengan akar menggali untuk makanan dan menjaga domba.
Tiga tahun kemudian ia mampu membentuk aliansi dan mengatur tentara. Dia menjadi terkenal karena disiplin yang ketat dan pelatihan, dan untuk keunggulan pasukannya.
Pada 1179, Temujin menikah dengan seorang wanita muda bernama Bortei, tetapi harus meninggalkan ketika kamp mereka diserang. Dua bulan kemudian dia menolongnya.
tentara Genghis 'mengambil alih suku tetangga, dan ia segera penguasa Mongolia. Ia kemudian berangkat untuk menaklukkan Cina. China terdiri dari tiga kerajaan utama, Xi Xia, Qin, dan Na-Chung. Xi Xia hanya 100 prajurit dan mudah dikalahkan. Namun, untuk mengalahkan Kekaisaran Qin itu perlu untuk menerobos Tembok Besar China, dan untuk mengalahkan tentara bayaran dari Qin, Muhammad dan bala tentaranya dari Khwarazmains.
pertempuran berikutnya Genghis 'menentang Beijing, ibukota Kekaisaran Qin. Dia menghancurkan banyak kota dan dipenggal penguasa, Guchluk.
Genghis kemudian pindah pasukannya Utara, mengalahkan tentara Rusia. Ketika ia kembali ke China ia mulai tantangan terbesar, menaklukkan Kekaisaran Na-Chung. Butuh waktu tiga tahun, dan lebih dari 60.000 korban, tapi ia akhirnya menang.
Pada 1226, Genghis adalah naik untuk mencegah pemberontakan dari suku-suku Cina dikalahkan. Dia berhasil tapi di perjalanan pulang, ia jatuh dari kudanya dan terluka fatal. Dia meninggal pada Agustus 1227.
Kekaisaran Genghis Khan adalah yang terbesar yang pernah didirikan, membentang dari Laut Kaspia ke Laut Jepang, dengan lebih dari 700 suku dan kota-kota di bawah pemerintahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar